Rabu, 27 Juni 2012

MAKALAH MANAJEMEN OPERASI (PERUBAHAN TEKNOLOGI)



PENDAHULUAN

Diberbagai bidang perusahaan, dalam manajemen operasi, masalah teknologi sering menjadi perhatian perusahaan. Begitu juga dengan perubahan teknologi yang terjadi saat ini, semakin berkembang pesat seiring dengan berjalannya konsep globalisasi.
            Perubahan teknologi terjadi dalam berbagai bidang. Baik itu perubahan teknologi dibidang informasi/telekomunikasi, teknologi mesin bidang pertanian, bidang industri dan lainnya. Dibeberapa bidang, perubahan teknologi dinilai sangat perlu untuk kemudahan kegiatan operasional dibidang itu sendiri. 
Kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi yang demikian pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi. Cara pandang terhadap duniapun sudah berubah. Ini semua tidak terlepas dari pengaruh globalisasi. Jadi, globalisasi yang telah mendorong terjadinya perubahan teknologi. Dimana menjadikan suatu Negara yang semula hanya mengandalkan kekuatan tenaga manusia beralih ke teknologi yang canggih.



A.  PENGERTIAN TEKNOLOGI
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.
Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai suatu tujuan praktis, atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana yang digunakan untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.    
Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).
Teknologi dalam hal manajemen operasi dapat diartikan sebagai perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah atau kegiatan operasional perusahaan.

B. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi berlangsung secara evolutif. Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran dan hasil kebudayaan telah nampak berorientasi menuju bidang teknologi. Penemuan teknologi semakin lama semakin canggih, selain fasilitas produksi menjadi lebih modern, penanganannya juga lebih kompleks.
Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, dll.
Beberapa contoh perkembangan teknologi :
>Adanya revolusi industri, yang merupakan    penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin.
>Penggunaan komputer, yang mana kegiatan operasional mulai memanfaatkan komputer, seperti dalam manajemen persediaan, pengawasan kualitas, sistem pembiayaan.
>Internet dan e-commerce, teknologi ini memberikan sumbangan dalam peningkatan produktivitas serta dalam menyajikan barang dan jasa yang lebih bervariasi kepada masyarakat.

C. PERUBAHAN TEKNOLOGI PADA MANAJEMEN OPERASI
Perubahan teknologi dalam manajemen operasi, perlu diperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan manfaat yang didapat, dampaknya bagi perusahaan, dan bagaimana penggunaannya, karena dalam melakukan perubahan pada sebuah teknologi terkadang juga menemukan hambatan atau tantangan baru yang harus dihadapi. Manajer operasi harus berpikir secara kreatif dan strategis dalam memutuskan apakah akan melakukan perubahan teknologi atau tidak, meskipun faktanya teknologi memang selalu berubah-ubah sesuai perkembangan zaman.
Perubahan teknologi dalam perusahaan tidak akan terjadi apabila tidak ada teknologi baru yang masuk ke Negara kita ini, dan hal ini tidak terlepas dari campur tangan asing atau Negara-negara maju lainnya yang membuat teknologi baru tersebut.
Dan perlu diingat bahwa, suatu teknologi memiliki life cycle yang semakin singkat dan mudah menjadi kedaluarsa. Dalam investasi dibidang teknologi khususnya teknologi informasi, ada 2 hal yang perlu diperhatikan :
  1. Aspek finansial, (return on investment harus cepat).
  2. Aspek teknis, dalam hal ini perlu diperhatikan biaya pemeliharaan, keamanan, dan bersifat user friendly.

D. MANFAAT PERUBAHAN TEKNOLOGI
Manfaat teknologi yaitu :
  1. Membantu pekerjaan manusia.
  2. Menghasilkan suatu barang untuk dikonsumsi.
  3. Sebagai sarana informasi.
Manfaat perubahan teknologi yaitu :
  1. Meringankan aktivitas bisnis yang semakin kompleks.
  2. Menghasilkan informasi yang akurat, lengkap, terpercaya sebagai bahan pengambilan keputusan.
  3. Meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional perusahaan, sehingga mampu bertahan dalam persaingan pasar global.

E. DAMPAK PERUBAHAN TEKNOLOGI
Dampak yang ditimbulkan dari perubahan teknologi dalam manajemen operasi adalah ada dampak positif dan dampak negatif.

Dampak Positifnya adalah sbb :
  1. Memotivasi penggunanya untuk berusaha mempelajari teknologi yang baru (mendapat pengetahuan dan pengalaman baru).
  2. Dibidang industri, dapat mempengaruhi output atau hasil akhir/produk menjadi lebih bagus (kualitas produk).
  3.  Terdapatnya banyak pilihan strategi atau pilihan alternatif yang dapat diambil, karena informasi yang lengkap (persaingan).
  4. Terjadi pula perubahan pada berbagai sektor, misal karena perubahan teknologi maka terjadi pula perubahan di sektor ekonomi atau sektor sosial dan budaya.
  5. Dengan peningkatan kualitas dari hasil produk yang didapat secara tidak langsung berdampak pada peningkatan laba atau pendapatan perusahaan.

Dampak Negatifnya yaitu :
  1. Berkurangnya tenaga manusia yang digunakan mengakibatkan pengangguran terjadi (walau tidak signifikan) karena tergantikan oleh teknologi canggih atau mesin yang canggih.
  2. Ada penambahan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan misal untuk training atau pelatihan dalam penggunaan teknologi baru.
  3. Dengan semakin bebasnya informasi yang didapat dari misal teknologi informasi, maka rentan terjadi kejahatan-kejahatan melalui teknologi tersebut. Misal pencurian data melalui jaringan internet.



KESIMPULAN
        
Kesimpulannya yaitu, bahwa perubahan teknologi adalah perlu, mengingat perkembangan zaman yang sangat pesat (globalisasi). Perubahan teknologi bukan berarti merubah sistem yang ada, tetapi membuat yang ada menjadi lebih baik lagi.
Yang terpenting dalam perubahan teknologi baik itu teknologi informasi atau teknologi pada mesin industri adalah bagaimana kita memilih dan memanfaatkan, teknologi mana yang dapat meningkatkan efesiensi serta efektifitas kegiatan operasional perusahaan yang nantinya juga berimbas pada peningkatan laba perusahaan. Jadi harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


2 komentar:

  1. Artikel Baguss....
    Gagalnya perusahaan besar masa kini adalah mereka tidak mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi dalam bisnis. Pemikiran mereka terbias kesuksesan mereka di masa lampau.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai Strategi perubahan yang dilakukan Japan Airlines.
    Klik --> Makalah Perubahan JAPAN AIRLINES.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung... ^_^

      Hapus