Minggu, 29 Januari 2012

Basic Accounting Equation (Persamaan Dasar Akuntansi)

Hai sobat ekonomi & akuntansi,,,
             Dalam blog ekonomi & akuntansi ini, saya akan membahas mengenai sedikit pengetahuan saya, yang saya terima di bangku kuliah, saat saya menulis post ini, saya adalah mahasiswi semester tujuh, tetapi saya akan lebih banyak membahas tentang akuntansinya,,,semoga pengetahuan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi sobat ekonomi & akuntansi semua....
Dan semua isi dari blog ekonomi & akuntansi ini, merupakan pendapat saya pribadi ditambah beberapa sumber lainnya,,,

              Dalam ekonomi ada ilmu manajemen dan ilmu akuntansi. Pertama kali saya belajar akuntansi yaitu mengenai istilah-istilah dalam akuntansi yang merupakan nama-nama akun dan atau nama-nama laporannya. Dan istilah-istilah dalam akuntansi sudah saya posting di post pertama saya saat pertama kali membuat blog ini. Setelah itu, barulah belajar memahami antara debit dan kredit atau mengetahui dimanakah posisi akun-akun tersebut dan bagaimana perubahannya, dalam hal ini jurnal umum atau lainnya. Dan pasti sobat semua sudah tahu bagaimana gambaran umum mengenai akuntansi baik itu definisi akuntansi, sejarah dari akuntansi, tujuannya, bidang akuntansi, proses atau siklus akuntansi maupun siapa-siapa saja pihak yang menggunakan informasi dari akuntansi tersebut.

               Berikut ini sedikit ulasan mengenai gambaran akuntansi. Pertama ada tahap pencatatan yaitu jurnal umum (general journal) lalu diposting atau pemindahbukuan dari jurnal umum ke buku besar, kemudian ada tahap pengikhtisaran, dalam tahap ini ada lima pengikhtisaran yang harus dibuat, diantaranya yaitu:
1.  Ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries)
2.  Neraca saldo (trial balance)
3.  Neraca lajur/kertas kerja (work sheets)
4.  Jurnal penutup (closing entries)
5.  Jurnal pembalik (reversing entries)

Dan terakhir menyusun laporan keuangan atau financial statement yang terdiri dari :
1.  Neraca (balance sheet)
2.  Laba rugi (income statement)
3.  Perubahan modal
4.  Arus kas (cash flow)
5.  Catatan atas laporan keuangan

           Selanjutnya, kita akan mempelajari apakah basic accounting equation atau persamaan dasar akuntansi dan bagaimana cara membuatnya. Bagi pemula yang belum pernah belajar akuntansi, mungkin akan sedikit “ribet” tetapi bagi yang sudah pernah belajar pasti udah “jago”.
Ada dua jenis akun, yaitu:
*      Akun riil (neraca) : Aktiva, Kewajiban, Modal
*      Akun nominal (laba rugi) : pendapatan dan beban

Didalam persamaan dasar akuntansi, ada rumus persamaan yaitu:
Aktiva = Kewajiban + Modal

Pasti sobat udah tau kan apa saja akun yang masuk kedalam kelompok Aktiva, Kewajiban ataupun Modal. Kalau ada yang belum tau, saya akan menyebutkan beberapa, diantaranya :
AKTIVA
KEWAJIBAN + MODAL
Aktiva Lancar
         -Kas 
         -Piutang
       -Perlengkapan
        -Persediaan
        -Beban dibayar dimuka
Kewajiban Jangka Pendek
-       -Hutang usaha/dagang
-       -Hutang wesel
-       -Hutang pajak
-       -dll
Aktiva Tetap
      -Alat /Peralatan (Mesin)
-       -Kendaraan/mobil
-       -Gedung
-       -Tanah
-       -dll
     Kewajiban Jangka Panjang 
        -Hutang obligasi
-       -Hutang hipotek
-       -Hutang bank
-       -dll
Aktiva Tak Berwujud
-       -Hak cipta
-       -Hak paten
-       -Merek dagang
-       -dll
Modal
-       -Setoran pemilik perusahaan
-       -Laba ditahan
-       -dll

Setelah kita mengetahui akun-akun yang ada dalam rumus persamaan, maka selanjutnya membuat atau menyusun persamaan akuntansi, disini saya akan memberikan contoh soalnya secara sederhana, yaitu:


Soal :
Andri mendirikan usaha bengkel mobil dan motor pada tanggal 1 Januari 2005, dan diberi nama “Bengkel Andri”. Transaksi yang terjadi selama bulan Januari 2005 adalah sbb:
a.  Andri menginvestasikan uangnya sebesar Rp 5.000.000,- sebagai modal awal mendirikan bengkelnya.
b.  Bengkel Andri membeli mesin pompa angin dengan harga Rp 1.000.000,- sejumlah Rp 750.000,- dibayar tunai dan sisanya akan dicicil dalam dua bulan.
c.   Membeli obeng, kunci pas, dan peralatan bengkel lainnya seharga Rp 500.000,- pada saat yang sama Andri membeli mur, baut, oli, bensin dan perlengkapan lainnya seharga Rp 200.000,- semuanya dibayar tunai.
d.  Penerimaan uang tunai dari tanggal 2 januari sampai 31 januari 2005 untuk ongkos reparasi yang dikerjakan sebesar Rp1.300.000,-
e.  Membayar sewa untuk bengkel yang ditempati sebesar Rp 100.000,- sewa ini untuk bulan januari 2005.
f.    Membayar upah tenaga kerja yang membantu Andri dari tanggal 2 januari sampai 31 januari 2005 sebesar Rp 200.000,-
g.  Membayar hutang pembelian mesin pompa angin sebesar Rp 125.000,-
h.  Perlengkapan bengkel berdasarkan perhitungan fisik, pada akhir bulan tinggal Rp 50.000,-
i.    Andri mengambil uang dari bengkelnya untuk keperluan pribadi sebesar Rp 150.000,-

Diminta :
Catatlah transaksi-transaksi diatas dengan menggunakan persamaan akuntansi seperti dibawah ini dan hitunglah saldo tiap akhir transaksi:
Aktiva = Kewajiban + Modal
Kas + Perlengkapan + Peralatan = Hutang usaha + Modal Andri

Jawaban :
Penjelasan
a.  Dengan adanya modal yang diinvestasikan oleh pemilik bengkel maka uang kas diposisi aktiva bertambah dan karena ini adalah persamaan akuntansi maka diiringi pula dengan bertambahnya modal Andri diposisi modal. Jadi, kas bertambah Rp5.000.000,- dan modal Andri juga bertambah sebesar Rp5.000.000,-
b.  Mesin pompa angin masuk kedalam kelompok peralatan karena umur manfaatnya lebih dari satu tahun, maka pembelian pompa angin Rp1.000.000,- menambah akun peralatan, karena sebagian dibayar tunai dan sebagian lagi dicicil jadi, uang kas berkurang sebesar yang dibayar tunai yaitu Rp750.000,- dan sisanya yaitu Rp250.000 (Rp1.000.000 – Rp750.000) akan dicicil maka masuk akun hutang usaha Rp250.000
c.   Pembelian peralatan sebesar Rp500.000 menambah akun perlatan, pembelian perlengkapan Rp200.000 juga menambah akun perlengkapan. Dan jumlah dari kedua pembelian tersebut sebesar Rp700.000 (Rp500.000+Rp200.000) akan mengurangi uang kas.
d.  Menerima ongkos reparasi berarti merupakan pendapatan bengkel Andri, sebesar Rp1.300.000 dan menambah akun modal Andri, dan diikuti pula dengan bertambahnya uang kas diposisi aktiva sebesar Rp1.300.000
e.  Membayar uang sewa untuk bulan januari berarti meruapkan biaya sewa maka mengurangi uang kas diposisi aktiva sebesar Rp100.000 dan juga mengurangi akun modal Andri.
f.    Sama seperti huruf (e), membayar upah tenaga kerja berarti biaya upah/gaji sebesar Rp200.000 mengurangi uang kas dan juga mengurangi akun modal Andri.
g.  Membayar hutang sebesar Rp125.000 berarti mengurangi uang kas dan mengurangi akun hutang usaha sbesar Rp125.0000.
h.  Berdasarkan perhitungan fisik berarti nilai dari perlengkapan dinilai sampai akhir bulan januari hanya Rp50.000 maka harus disesuaikan, jadi kita mencari berapa nilai yang sudah terpakai yaitu nilai perlengkapan dikurangi nilai perhitungan fisik (Rp200.000 – Rp50.000) = Rp150.000, dan nilai Rp150.000 inilah yang dicatat mengurangi akun perlengkapan dan juga mengurangi akun modal Andri sebesar Rp150.000
i.    Pengambilan pribadi oleh Andri disebut juga dengan Prive sebesar Rp150.000 mengurangi akun uang kas dan mengurangi akun modal Andri.

Berikut format persamaan akuntansinya:
klik link berikut untuk download.. 
http://www.4shared.com/file/pwJOazn5/BENGKEL_ANDRI_persamaan_akunta.html 

Sekian dulu,,,,,,, terimakasih,,,semoga bermafaat..........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar